Thursday, October 15, 2009

AVG General error - not enough free memory, write error

Pernah mengalami kejadian saat update antivirus AVG menggunakan metode update from directory selalu gagal dengan pesan error seperti ini "General error - not enough free memory, write error". Awalnya saya pikir kegagalan update tersebut karena resource memory free pada komputer saya sedang low. Tetapi setelah saya cek pada task manager, resource free memory pada komputer saya masih diatas normal a.k.a masih banyak bro. Sempat kepikir juga, file update yang saya download sudah rusak. Sehingga saya download lagi file update-an tersebut dengan harapan kalo proses download nya sempurna tidak akan mengalami gagal update lagi. Dan ternyata file yang baru saja download juga gagal melakukan proses update antivirus avg saya.

Sambil utak atik terus aplikasi antivirus avg nya, akhirnya saya sampai kepikiran untuk mengupdate avg nya dengan menggunakan satu per satu file update yang ada. Iya, file update yang disediakan pengembang avg ada 3 jenis yang terdiri dari 4 file. 3 jenis file itu adalah file update untuk memperbarui engine avg, update untuk memperbarui database link scanner, dan update untuk memperbarui database virus. Sedangkan file nya yaitu terdiri dari :
  • 1 file untuk memperbarui engine avg (dikeluarkan pengembang avg setiap beberapa bulan sekali)
  • 1 file untuk memperbarui database link scanner (dikeluarkan pengembang avg setiap beberapa hari sekali)
  • 2 file untuk memperbarui database virus avg (dikeluarkan pengembang avg hampir setiap hari)
Pada awalnya memang waktu update saya langsung kumpulkan 4 file tersebut dalam 1 folder, lalu update avg antivirus nya menggunakan folder tersebut. Tetapi akhirnya saya kepikir untuk meletakkan satu per satu file update ke suatu folder, lalu mengupdate avg saya dengan menggunakan folder yang berisi hanya satu file update atau update satu per satu file update yang ada. Gak nyangka, alhamdulillah ternyata bisa juga avg nya di update. hehe.. senangnya diriku

1 comment: