Wednesday, October 14, 2009

Disabled Autorun Windows

Sebagian besar virus di Indonesia memanfaatkan media flashdisk untuk menyebarkan dirinya. Hal ini dikarenakan pada sistem operasi windows mempunyai fasilitas yang dimanfaatkan oleh virus tersebut, yaitu fasilitas Autoplay atau Autorun. Pernahkan anda melihat seperti gambar di bawah ini?

Benar, inilah fasilitas yang dimiliki windows yang dimanfaatkan oleh virus-virus saat ini untuk menginfeksikan dirinya pada komputer. Kenapa bisa begitu? Karena fasilitas ini sebenarnya diberikan oleh windows untuk menjalankan file "Autorun.inf" yang ada pada flashdisk atau cdrom. Mungkin penjelasannya sampai disini saja. Karena saya disini hanya akan memfokuskan untuk menulis bagaimana caranya mematikan fasilitas autoplay yang ada pada sistem windows. Sehingga, jika komputer kita yang masih bersih dari virus, jika di tancapkan flashdisk yang mengandung virus, maka komputer kita tidak akan langsung terinfeksi. Setidaknya ini digunakan sebagai salah satu langkah untuk melindungi komputer kita dari penyebaran virus.

Ada 2 cara untuk mematikan fungsi autoplay pada sistem windows anda. Yaitu dengan cara manual dan cara otomatis. Cara otomatis yaitu hanya dengan melakukan klik2x file yang di sediakan microsoft untuk mematikan fungsi autorun tersebut. File tersebut juga bisa anda download di pada link yang kami sediakan dibawah ini.
Sedangkan untuk cara manualnya, bisa dilakukan seperti cara dibawah ini.
1. Klik START lalu pilih menu Run
2. Pada menu Run ketikkan gpedit.msc lalu tekan Enter atau klik tombol OK

3. Pada window Group Policy masuk pada Local Computer Policy --> Computer Configuration --> Administrative Templates --> System
4. Lalu klik 2x pada pilihan Turn off Autoplay

5. Pada window Autoplay Properties pilih pada pilihan Enabled dan All drives. Kemudian Tekan Ok
Ditulis oleh Eko Malik - 14 Oktober 2009 11:30

No comments:

Post a Comment