Tuesday, October 20, 2009

ORA-01034: ORACLE not available for oracle 8i

Akhirnya hari ini ada juga article yang bisa di muat di blog ini. Yang biasanya tiap hari hanya upload tentang lowongan. hehe.. maklum lah, jurus yang lumayan ampuh buat ningkatin trafik pengunjung. Jadi bosen juga kalo liat blog isinya cuman lowongan aja. Makanya sesekali kalo ada suatu pengalaman yang bisa di tulis di blog ini, saya coba tulis. Setidaknya buat pengingat juga misal suatu saat ngalamin kejadian yang sama.

Pagi tadi, setibanya di kantor sudah dihubungi sama temen di kantor ranting. Ada masalah dengan sistem database oracle di kantor temen di daerah lamongan. Yah.. meski saya bukan seorang admin database, saya sering diminta tolong jika ada masalah dengan sistem database oracle. Jadi akhirnya sedikit demi sedikit saya tahu banyak soal troubleshooting sistem oracle. Tapi sebenarnya saya hanya bisa di katakan masih level beginer dalam sistem oracle. Karena sampai saat ini saya hanya sekedar tahu di bagian kulitnya saja. Untuk dibagian dalam sistem oracle, saya masih harus banyak belajar. Hehe..

Sistem database dikantor teman saya pagi tadi tidak bisa dijalankan. Saat saya lakukan tes koneksi ke database nya menggunakan Net8 Assistan ada pesan error seperti ini 'ORA-01034: ORACLE not available'. Awalnya saya pikir karena kesalahan konfigurasi, tapi setelah saya coba jalankan menggunakan DBA Studio, database tetap saja tidak mau di jalankan. Daripada pusing, langsung saja saya tanyakan ke pakde Google. Setelah baca artikel di beberapa situs tentang oracle, akhirnya saya coba gunakan cara seperti ini.
  • Buka command prompt. Klik Start -> Pilih Run -> tuliskan cmd -> tekan tombol OK
  • Pada command prompt, ketikkan command svrmgrl lalu tekan Enter
  • Setelah masuk pada console svrmgr>, ketikkan command connect internal tekan Enter
  • Kemudian ketikkan command shutdown abort; tekan Enter
  • Dan terakhir ketikkan command startup tekan Enter
  • Tutup window command prompt
Ternyata mudah juga solusinya. hehe...

2 comments:

  1. Oracle..huhu..masih awam neh..tapi berminat belajar. Kulitnya aja sdh cukup kok. Untuk bahan jualan program..

    Salam kenal Mas..

    ReplyDelete
  2. iya mas. gak perlu belajar banyak. yang penting bisa. :D

    ReplyDelete