Tuesday, October 13, 2009

Windows could not start because the following file is missing or corrupt: Windows\System32\Hal.dll

Beberapa waktu lalu komputer temen kantor saya ketika di hidupkan tidak mau masuk ke system windows dengan pesan error "Windows could not start because the following file is missing or corrupt: Windows\System32\Hal.dll". Masalah seperti ini di sebabkan oleh hilangnya atau rusaknya file system windows, yaitu file "boot.ini". Sehingga jika kita melakukan repair secara otomatis dengan CD Windows tidak akan bisa dilakukan, karena CD Windows sendiri tidak dapat menemukan Operating System yang rusak tersebut yang ada di komputer kita secara otomatis. Jadi, untuk memperbaiki masalah seperti ini, lakukan langkah langkah berikut :

1. Hidupkan komputer, lalu lakukan booting dengan CD Windows.

2. Pilih pada pilihan Repair. Dengan menekan tombol "R" pada keyboard.

3. Pilih operating system yang rusak. Jika hanya ada satu sistem operasi pada komputer, langsung saja tekan angka "1" pada keyboard lalu tekan "Enter".

4. Masukkan password administrator lalu tekan "Enter". (Jika tidak ada password pada user administrator, coba langsung saja tekan "Enter", Kalau tidak bisa masuk tanpa password berarti sistem policy pada Windows nya tidak mengijinkan login tanpa password)

5. Jika sudah login ke console windows, lakukan rebuild file "boot.ini" dengan mengetikkan perintah berikut. "bootcfg /rebuild" lalu tekan "Enter".

6. Lalu pilih OS windows nya dengan menekan tombol angka "1" lalu tekan "Enter".

7. Masukkan nama yang di kehendaki jika ada pertanyaan "Enter load identifier:". Isikan misalnya, "WindowsXP" lalu tekan "Enter".

8. Lalu masukkan "/fastdetect" jika ada pertanyaan "Enter OS Load Options:" jangan lupa langsung tekan "Enter".

9. Langkah terakhir, retsrat kembali komputer dengan mengetikkan perintah "Exit" lalu tekan "Enter".

Mudah mudahan cara ini juga bekerja untuk mengatasi masalah anda. :D

No comments:

Post a Comment